Total Tayangan Halaman

Kamis, 26 April 2012

Manfaat Tanaman Lidah Buaya


Awalnya ketika aku ingin keramas dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Ketika mengiris daun lidah buaya itu, jariku terkena cutter sedikit sehingga mengeluarkan darah sedikit. Lalu kubilas dengan air. Ketika keramas, luka kecil itu terkena gel lidah buaya.

Ketika luka kering kuperhatikan luka itu cepat menutup dan tampak bersih. Karena itu aku sempat curiga apakah karena faktor terkena gel lidah buaya itu ya?

Mulai dari situ, aku jadi agak rajin menggunakan gel lidah buaya ketika mandi untuk kulit dan wajah. Ada beberapa hal yang menurutku menjadi progress ketika menggunakan gel dari tumbuhan lidah buaya alami. Batinku mengatakan pasti ada sesuatu yang berkhasiat di gel lidah buaya ini sampai ada beberapa perubahan yang diakibatkannya.

Mulailah aku mencari tahu apa khasiat Lidah buaya itu. Ternyata benar. Lidah Buaya memang sangat besar manfaatnya. Bahkan di zaman Mesir dia disebut tanaman keabadian karena manfaatnya yang luar biasa. Berikut aku cuplik beberapa khasiatnya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Dari tulisan Hafidz Muftisany (klik disini sumbernya)
REPUBLIKA.CO.ID, Lidah buaya, mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Komponennya dengan bentuk gel yang sebagian besar adalah air mencapai 99.5% jumlah total, serta dengan total padatan terlarut hanya 0,49 %, lemak 0,067 %, karbohidrat 0,043 %, protein 0,038 %, vitamin 0,49 %, vitamin C 3,476 mg (Furnawanthi, 2002). Sedangkan kandungan gizi yang tinggi di dalamnya adalah vitamin C.

Berikut beberapa kandungan lidah buaya dan manfaatnya:

Mengurangi gula dalam darah.
Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah. Selain itu, Menurut Ayurveda, pengobatan tradisional India, manfaat lidah buaya telah hipoglikemik. Yaitu dapat mengurangi glukosa darah (gula dalam darah) pada orang dengan diabetes.

Obat antiseptic & obat luka bakar
Tanaman lidah buaya daun dan akarnya mengandung saponin dan flavonoid, di samping itu daunnya mengandung tanin dan polifenol (Hutapea, 2000). Saponin ini mempunyai kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk menyembuhakan luka terbuka, sedangkan tanin dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi luka karena mempunyai daya antiseptik dan obat luka bakar. Flavonoid dan polifenol mempunyai aktivitas sebagai antiseptic (Harborne, 1987).

Obat pencahar
Karena lidah buaya lateks (kuning jus diekstraksi dari lapisan luar daun) mengandung molekul dengan efek pencahar yang kuat (disebut "anthranoids"), tanaman bisa efektif dalam kasus-kasus sembelit. Manfaat ini juga diakui oleh WHO dan ditunjukkan dalam beberapa penelitian.

Regenerasi kulit
Kaya antioksidan (flavonoid, vitamin C, beta-karoten), lidah buaya akan memiliki anti-penuaan. Sebuah studi yang dilakukan di Turki 2009, menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu regenerasi jaringan kulit. Selain itu dapat memudarkan bekas luka dan garis garis putih/merah akibat kehamilan atau strecth mark, merawat luka kecil akibat teriris pisau dan tergores serta memudarkan bintik-bintik kehitaman pada kulit.

Membantu pencernaan
Penelitian telah menunjukkan gel lidah buaya mampu mengusir dan membinasakan racun dan bahan asing lainnya yang biasanya menempel pada usus. Racun dan benda asing yang menempel pada usus sangatlah berbahaya sebab mengakibatkan akumulasi limbah sehingga dapat memblokir saluran usus dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Manfaat lidah buaya adalah dapat menghilangkan limbah dan membantu dalam pengaturan asam. Hal tersebut dapat mencegah Anda dari menderita gangguan pencernaan dan juga dapat membersihkan darah serta meningkatkan sirkulasi normal


2.Dari situs Squidoo klik di sini sumbernya

Sejarah dan Asal Usul Tanaman Lidah Buaya


Lidah Buaya atau yang biasa disebut Aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan Lidah Buaya ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.
Fakta sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian!

Tidak hanya itu, seorang dokter dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu
manfaat lidah buaya yakni memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

Kandungan Lidah Buaya

Menurut data dari sebuah penelitian yang ada, tanaman Lidah Buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Tanaman Lidah Buaya
memiliki beragam jenis. Setidaknya ada sekitar 200 jenis Tanaman Lidah Buaya yang telah diketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari 72 zat tersebut terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya dari sumber external
Empat Cara Alami Hilangkan Bekas Luka
Lidah buaya : tanaman ini memiliki kandungan saponin, yang memiliki kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk menyembuhakan luka terbuka. Selain itu lidah buaya juga mengandung tannin yang dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi ...
Lidah Buaya Dibantu di kota Pontianak dan Sintang
Lidah buaya dan tenun ikat Sintang menjadi komoditas unggulan Kota Pontianak dan Kabupaten Sintang. Deputi Bidang Pengkajian Sumber Daya UMKM Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta pun menyerahkan bantuan Rp100 juta untuk pengembangan lidah buaya ...
Rossa Atasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya
Mengoleskan lidah buaya pada rambut menjadi siasat meminimalisir kerontokan mahkotanya. Tidak hanya tubuh, rambut juga perlu dijaga kesehatannya. Pasalnya, rambut yang sehat dapat menambah nilai bagi penampilan Anda secara keseluruhan.
Kiat Dominique Merawat Rambut Indahnya
Sementara itu, di rumah ia cukup keramas dan menggunakan kondisioner setiap dua hari sekali, lalu rutin melakukan masker campuran lidah buaya dan jeruk nipis. Lidah buaya dan jeruk nipis ini dioleskannya setiap sebulan sekali.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, begitulah khasiat tanaman Lidah Buaya. Ternyata bisa diminum juga lho, bahkan ada yang mengembangkannya menjadi minuman Dawet Lidah Buaya, katanya enak! Untuk meminumnya, saya belum pernah coba. Mungkin sesekali akan mencobanya. Kalau di daerah Kalimantan Barat, tanaman Lidah Buaya dibudidayakan dan dijual dalam berbagai macam bentuk. Ada dalam bentuk manisan, teh, dll..

Ok, mungkin hanya berbagi saja dengan teman semua tentang pengalaman pribadi. Selamat mencoba.

salam,

Fona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar