Total Tayangan Halaman

Selasa, 26 Juni 2012

Refleksi tentang Penciptaan Hari Pertama

In the beginning when God created* the heavens and the earth,
                                                        2the earth was a formless void
                                           and darkness covered the face of the deep,
                                           while a wind from God* swept over the face of the waters.

Setidaknya ada 3 hal yang  ada pada permulaan penciptaan:
1. "the earth" yang digambarkan "formless void"
2. "the face of the deep" yang digambarkan "covered by the darkness"
3. "the face of the water" yang digambarkan "swept over by the Spirit of God"

Satu hal yang menjadi pertanyaanku adalah: apakah formless void earth, the deep, the water, itu ada sebelum penciptaan? Kalau mereka ada sebelum penciptaan berarti ada "bahan dasar" terlebih dahulu dari keseluruhan penciptaan? 

Sangat tertarik dengan adanya "water" sebelum penciptaan dimulai. air merupakan unsur yang sangat penting dari penciptaan. "H2O". Juga adanya "earth" walaupun "formless void", paling tidak dari situ kita bisa menduga bahwa ada bahan dasar yang esensi di dalamnya. Itu baru dugaan. Mungkin perlu untuk mencek lagi  commentary berbicara apa tentang hal ini.


 3Then God said, ‘Let there be light’;
                         and there was light.
                       4And God saw that the light was good;
                        and God separated the light from the darkness.  
                                       5God called the light Day,
                                          and the darkness he called Night.

And there was evening
and there was morning,
                the first day.

Penciptaan pertama adalah "light" . Bukan matahari, bulan, bintang atau sumber cahaya lainnya tetapi "light" itu sendiri. Ini sangat menarik karena hal ini berarti bahwa cahaya terpisah dari sumbernya. Cahaya diciptakan lebih dulu dari penghasil cahaya seperti matahari dan bintang. 

Sering kali cahaya menggambarkan tentang ide, pengetahuan, pencerahan, ilumninasi gagasan, kecerdasan, kejelasan, terang.  

Strong definition: H216 אור 'ôr ore
From H215; illumination or (concretely) luminary (in every sense, including lightning, happiness, etc.): - bright, clear, + day, light (-ning), morning, sun.


BDB definition : H216 אור 'ôr
1) light
    1a) light of day
    1b) light of heavenly luminaries (moon, sun, stars)
    1c) day-break, dawn, morning light
    1d) daylight
    1e) lightning
    1f) light of lamp
   1g) light of life
   1h) light of prosperity
   1i) light of instruction
   1j) light of face (figuratively)
  1k) Jehovah as Israel’s light
Part of Speech: noun feminine

Awalnya aku berpikir bahwa cahaya itu noun masculin.. ternyata noun feminine dalam kamus hebrew-nya. Mungkin karena cahaya itu lembut, tenang, konsisten, sederhana. Ya, melihat definisi di atas menjadi semakin jelaslah apa itu cahaya.

Ternyata, di hari pertama penciptaan itu ada banyak hal dasar penting yang ada di bumi.  Hal yang sangat basic, sangat penting, elemen yang paling mendasar dari semua elemen yang dicipta di bumi. Yang melalui mereka semua yang ada di bumi ditopang. 

Kadang hal-hal dasar, elemen penting yang menopang kehidupan itu tampak tidak penting dan dilupakan. Bahkan kita tidak menghargainya, menganggapnya biasa saja bahkan menyia-nyiakan dan membuangnya. Bersyukur bahwa hal-hal mendasar itu masih Tuhan berikan bagi kita. Air untuk hidup, cahaya untuk hidup, bumi untuk hidup. 

Kata selanjutnya yang direnungkan adalah kata "swept over the face of the waters" atau "moved upon the face of the waters" atau "bore upon the water" atau "hovering over the face of the waters" atau "moving gently on the face of the waters".

Kata yang terakhir sangat indah.. moving gently on the face of water.  betapa lembutnya Roh Allah bergerak di atas permukaan air. Permulaan penciptaan tidak dimulai dengan ketergesaan, buru-buru, atau sangat kaku dan terkejar deadline :) (ini hanya interpretasiku saja).. tetapi sangat lembut dalam gerakannya yang halus.. tidak menyakiti, tidak merusak, tetapi sangat menghargai dan mencintai.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar