(Quo Vadis PMK?)
(Quo Vadis PMK?)
Definisi
q Persekutuan
Kisah 2:42 “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. “
Beberapa komponen sebuah persekutuan Kristen:
o Pengajaran : the art of teaching, instructing, tutoring
o Persekutuan : a participation in anything, communion, fellowship, communication, distribution, alm giving
o Memecahkan rotiàkesediaan untuk berbagi bersama,
o Berdoa àa prayer to God, a vow
o Pertumbuhan rohani, multiplikasi, kesaksian.
q Mahasiswa
o Kampus/Universitas, bidang studi yang ditempuh ex : Kedokteran, Farmasi, Fisipol, dll
o Rentang usia-masa pertumbuhan kedewasaan. Kekuatan & potensi orang muda.
o Orang muda di Alkitab : Daud mengalahkan Goliat, Daniel di istana Babel, Yosia raja reformator
q Kristen
o Kis 11:26 à Christianos = a name given to the disciple and follower of Christ.
Visi
Visi memberi alasan untuk terus berjuang dalam hidup. Visi bahkan memberi alasan untuk rela berhadapan dengan kematian. (Kepemimpinan Kristen, Sendjaya) |
= Vision – melihat. A clear undertanding about something
Daya lihat; penglihatan; Kemampuan untuk melihat atau mengetahui sampai pada inti persoalan; daya tangkap untuk memahami hakekat dari kebenaran (Kamus Umum Bhs Indonesia)
“Where there is no vision, the people perish” Amsal 29:18
Bagaimana jika sebuah persekutuan tidak punya visi? “Where are you going?”
Ketiadaan visi menimbulkan frustasi dalam kehidupan, bingung tidak tahu apa yang harus diperbuat. Tanpa visi maka tujuan dan sasaran tidak jelas, yang diutamakan hanya kegiatan, output (hasil) tidak jelas.
VISI tanpa AKSI = Visionaris AKSI tanpa VISI = Aktivis VISI dengan AKSI = Misionaris |
Vision Driven VS Duplication Driven ??? |
Empat aspek Visi :
1. Emosi yang kuat
2. Motivasi yang kuat
3. Arah, peta perjalanan, prioritas
4. Tujuan, alasan
5. Kepedulian
Misi adalah aksi konkret (hal-hal yang akan dilakukan) untuk mewujudkan sebuah visi.
PROGRAM |
Sasaran, kegiatan, anggaran, waktu |
VISI |
MISI |
Analisa keadaan Tujuan, Strategi, |
Gambaran, profil, penglihatan, |
Diskusi:
q Apa yang membedakan visi PMK-K dgn PMK kampus lain? Apa perbedaannya dengan gereja?
q Bagaimana peran PMK di tengah kampus?
q Bagaimana berpikir jangka panjang untuk PMK? Bagaimana PMK 3 tahun kedepan, 5 tahun kedepan?
Visi spesifik PMK ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
|
Karakteristik dan keistimewaan[2] (basic yang jangan dilupakan)
Christ Centered Movementà berpusatkan pada Kristus
q Student Initiatif & responsibility à tanggungjawab dan inisiatif mahasiswa
q Bible Movementà mengutamakan Alkitab
q Prayer Movementà mengutamakan doa
q Evangelism Movement à penginjilan sebagai gaya hidup
q Discipleship Movementàpembinaan kearah kedewasaan & pertumbuhan rohani
q Interdenominasià bersifat antar aliran gereja
q Penekanan pada keseimbangan antara ilmu dan iman
q Perpanjangan tangan gereja
Unsur-unsur penting dalam pelayanan (Strategi Utama Pelayanan)
Pembinaan
Pelipatgandaan
Pengutusan
Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul” I Kor 9:26
The road way...
Penginjilan |
PI sbg gaya hidup |
PI Kelompok, PI lewat PA |
KKR, Kamp |
Pelipatgandaan |
Pengutusan |
Pribadi ke Pribadi |
Multiplikasi KK |
Kamp, weekend |
Persiapan Pra Alumni |
Visi & Misi PMK
Profil Alumni PMK |
Where are you going… |
Pembinaan |
Kelompok Kecil, KTB |
Kelompok Besar q PU, PD q Training, q Retreat, dll
|
We are here now |
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. (Yoh 12:24) |
q Bagaimana mengenali kebutuhan persekutuan
· Double listening : Firman Tuhan & keadaan real yang ada.
· Mengenali orang-orang yang ada dalam persekutuan tersebut (berbicara hati ke hati, mendengar, berdiskusi, sharing, kebersamaan-fellowship bukan hanya program)
· Analisis SWOT :
q Bagaimana cara mengevaluasi sejauh mana visi Pelayanan tercapai
· Pentingnya membuat program kerja tahunan—mendefinisikan tujuan dan sasaran scr jelas.
· Fungsi leadership à mengawal program kerja hingga selesai masa kepengurusan
· Struktur organisasi pelayanan yang menunjang---pembagian tugas
· Pertemuan evaluasi secara berkala (3-6 bulan) atas program kerja
· Siapkan pondasi dasarnya yang akan diestafetkan bagi kepengurusan selanjutnya.
”Student today Leader tommorow...”
Kepuh, Yogyakarta, Naomi Fortuna (Staff Perkantas DIY)