Total Tayangan Halaman

Rabu, 02 September 2015

Pemberitaan Kabar Baik

Dasar-Dasar untuk PI
1.       Apakah PI itu?
·         Kabar Baik adalah mempresentasikan Kristus dengan kuasa Roh Kudus , dengan tujuan membawa orang mengenal Yesus, sehingga melalui kuasa Roh Kudus orang tersebut menjadi percaya, bertobat dan mengikut Yesus, menjadi bagian dalam Kerajaan Allah.

2.       Mandat memberitakan Injil
·         Siapa yang memberitakan Kabar Baik?
Mat 28:18-20  Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Semua orang percaya diberi tugas, mandat untuk memberitakan Injil kepada segala bangsa (ethne, etnis): segala bangsa menjadi murid, dibaptis dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, diajarkan segala perintah Kristus.

·         Kepada siapa?
Kisah Rasul 13: 47-48 “Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah,
supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."
Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

-       Kepada Semua bangsa (dalam bahasa aslinya ethne-etnis), semua lapis kehidupan.
-       Kepada semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup kekal (baca juga Kisah 2:39)

·         Siapa yang diberi tugas? Murid-murid pada masa itu dan semua orang percaya sepanjang masa  dipanggil untuk menjadi menjadi saksi pemberitaan Injil (Lihat juga Kis 8:4,  11:19-21). Paulus disepanjang perjalanan misinya memberitakan Injil.

·         Di mana?
Kisah Rasul 1:6-8 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

·         Yudea : seluruh tanah Yehuda, tempat orang Yahudi meliputi seluruh Palestina pada masa itu dan beberapa daerah di sebelah timur S Yordan.
·         Samaria: Ibu kota Israel Utara dan wilayah di sekitarnya. Bermukim di sini orang Samaria, yang dibenci oleh orang Israel karena nenek moyang mereka adalah campuran dengan bangsa Asyur (di masa pembuangan), bukan Yahudi asli. Orang Samaria hanya mengambil sebagian dari kitab Yahudi, juga mempraktekkan ibadah yang berakar dari kepercayaan Yahudi, namun terdapat banyak perbedaan-perbedaan (ex: mereka mempersembahkan korban di bukit Gerizim)
·         Sampai ujung bumi: segala tempat, sampai ke ujung bumi.



·         Apa isinya?
·   Kesaksian dalam khotbah Petrus (Kis 2:32-36; 4:10-12;)
·   Kesaksian rasul-rasul (Kis 5:29-32)
·   Kesaksian Stefanus (Kis 7:52-53)
·   Filipus (Kis 8:12)
·   Contoh Paulus memberitakan Kabar Baik di Kisah Rasul 13:32-34, 37-39;

·         Mengapa?
·   (diskusikan)
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..

·   Pentingnya memberitakan Injil:
1.       Keadaaan manusia tanpa Allah (Ef 2:12)
2.       Keadaaan manusia berdosa dan terhilang (ex: perumpamaan anak yang hilang Lukas 15:11-32, Zakeus Lukas 19:1-10, khususnya ayat 10). Istilah yang digunakan : domba-domba yang hilang, mencari dan menyelamatkan, . Yoh 6:39  “Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.”


·         Bagaimana caranya?
·   Persahabatan
·   Memperlengkapi diri (PA, latihan PI, ikut training)
·   Menjaga kehidupan pribadi, integritas. Apa yang kamu lakukan berbicara lebih keras daripada apa yang kamu katakan.





Naomi Fortuna (staff Perkantas DIY)

@naomi.fortuna@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar