Kunjungan ke Penjara hari ini

Apa yang aku pelajari dari kunjungan ke Penjara hari ini?

Dulu kata penjara menjadi kata yang menakutkan bagiku. Isinya orang-orang jahat, begitu kata orang dan berita dan juga di film-film.

Hari ini aku masuk ke penjara. bukan karena aku ditangkap. Tetapi ada pelayanan medis gereja dan butuh bantuan voluntir dan aku terlibat. Aku tidak punya latar belakang bidang kesehatan. Tetapi kami sering mengadakan pengobatan di beberapa desa, dan aku bantu koordinir kalau ada acara tersebut di lembaga kami.

Lebih mudah bagiku jadi seksi sibuk yang urus2 pendaftaran, dll.. tetapi sekali lagi, kali ini kebagian di bagian obat (mencari obat-obatan yang dibutuhkan dari tumpukan obat yang ada di dus dan tempat obat). hmm betapa tersiksanya. Aku tidak familiar dengan nama obat2 itu, mencarinya di antara tumpukan obat yang ada.. diantara 3 orang yg lulusan farmasi semua, dua orang sudah sangat senior.. jadi minder dan merasa salah tempat.. (memang salah tempat).

tetapi membayangkan 300 orang yang ada dalam penjara itu.. ada yang 2 tahun, 5 tahun bahkan paling parah 20 tahun.. hmm bagaimana hidup mereka berlalu ya? Tersiksa karena salah tempat?

Salah satu teman yang anak farmasi waktu itu berkata "kak, aku galau mau ikut acara ini. Hari ini harusnya aku jaga toko, karena ini hari pertama plank tokoku dipasang, dan seharusnya aku siap2 untuk mempersiapkan tokoku..." Ya, sebenarnya dia juga merasa seharusnya dia tidak ada di situ.. salah tempat?

Satu orang teman yang baru kukenal pagi ini, juga mungkin merasa salah tempat. Ia mendengar bahwa kami akan ada acara baksos di Penjara, dan dia tertarik ikut. Karena itu temanku memperkenalkannya padaku di pagi tadi. Kuajaklah dia bersama ke tempat kami semua tim akan berangkat bersama. Karena harus mengambil obat di tempat lain, aku terpaksa meninggalkannya untuk mengambil 2 box obat. Ketika aku kembali ke tempat kami berkumpul tadi, dia sudah menghilang. Mungkin karena merasa asing, tidak kenal dengan yang lain, atau merasa dicuekin, atau merasa salah tempat.Entahlah. Dia sudah menghilang ketika aku kembali.. kucari-cari, ternyata dia pulang lebih dulu sebelum kami berangkat ke penjara. Salah tempat. Ia merasa bahwa di tempat lain ia lebih berguna dan bisa melakukan hal lain yang lebih berguna...

Kalau cuma berapa menit atau berapa jam, tampaknya tidak masalah. Tapi kalau 5 tahun, 20 tahun.. bagaimana? Salah tempat bertahun-tahun, tidak menikmati keadaan yang ada, harus menebus kesalahan akibat perbuatan bersalah.. ya.. seharusnya mereka tidak di sana jika mereka tidak berbuat jahat.

ya, itulah perenunganku hari ini. temanya adalah salah tempat. Mulai dari kirim email yang dikirim ke tempat yang kurang tepat, korespondensi dengan pemahaman yang berbeda dan harus meluruskan, entahkah aku salah tempat lagi hari ini? aku harap tidak. Aku harap pelajaran hari ini cukup. Harus aware dengan tempat yang tepat.. dan jangan sampai berbuat kesalahan sehingga salah tempat.

Aku menulis ini dengan kesadaran akan sebuah jurnal harian yang dimulai dengan satu pertanyaan : Apa yang kamu pelajari hari ini? Betapa menyakitkannya jika salah tempat yang cukup parah. Rugi waktu, uang dan tenaga. Seperti penjara pasti rasanya. Dipenjara di tempat yang salah...Yah, semoga hari ini lebih peka lagi dan lebih belajar lagi tentang menemukan TEMPAT yang TEPAT.

salam,

Fona





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempersiapkan dan Menyusun Khotbah/Renungan

Doa Agur Amsal 30:7-9

Jalan Keselamatan