Psalm 73

Langkah-langkah PA Mazmur

  1. Bacalah mazmur yang di PA kan beberapa kali. Bacalah dengan identifikasi diri dengan pemazmur.
  2. Catat ‘stanza’ (pembagian baitnya berdasarkan kesamaan ide)
  3. Kelompokkan baris-baris yang paralel
  4. Pelajari bahasa metapora yang digunakan
  5. Cari latar belakang dari Mazmur tersebut (biasanya teradapat pada judul Mazmur). Siapa penulisnya (Who), di mana mazmur ini ditulis (Where), kapan ditulis (When)
  6. Tentukan jenis dari Mazmur tersebut (Pujian, Ratapan, dll)
  7. Identifikasi pergerakan pemikiran dlm Mazmur (What) . Cari apa kira-kira alasan dan bagaimana (Why & How) pemazmur menuliskan mazmur tersebut
  8. Lihat kembali Mazmur secara keseluruhan sebelum menyimpulkan interpretasi akhir
  9. Prinsip-prinsip apa yang dapat engkau pelajari dari Mazmur tersebut

(1) Pengakuan Pemazmur : Allah baik bagi orang yang bersih hatinya


Psa 73:1 Mazmur Asaf.

Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya,

bagi mereka yang bersih hatinya.

(2-3) Pergumulan batin Pemazmur


Psa 73:2 Tetapi aku, sedikit lagi maka kakiku terpeleset,

nyaris aku tergelincir.

Psa 73:3 Sebab aku cemburu kepada pembual-pembual,

kalau aku melihat kemujuran orang-orang fasik.

(4-12) 'kemujuran' orang-orang fasik

  1. Secara fisik mereka orang2 yang sehat dan tidak mengalami penderitaan

Psa 73:4 Sebab kesakitan tidak ada pada mereka,

sehat dan gemuk tubuh mereka;

Psa 73:5 mereka tidak mengalami kesusahan manusia,

dan mereka tidak kena tulah seperti orang lain.

  1. Kejahatan mereka sangat tampak jelas dalam hidup

Psa 73:6 Sebab itu mereka berkalungkan kecongkakan

dan berpakaian kekerasan.

Psa 73:7 Karena kegemukan, kesalahan mereka menyolok,

hati mereka meluap-luap dengan sangkaan.

  1. Perkataan mereka jahat dan tidak benar

Psa 73:8 Mereka menyindir dan mengata-ngatai dengan jahatnya,

hal pemerasan dibicarakan mereka dengan tinggi hati.

Psa 73:9 Mereka membuka mulut melawan langit,

dan lidah mereka membual di bumi.

  1. Orang-orang mencari-cari mereka

Psa 73:10 Sebab itu orang-orang berbalik kepada mereka,

mendapatkan mereka seperti air yang berlimpah-limpah.

Psa 73:11 Dan mereka berkata: "Bagaimana Allah tahu hal itu,

adakah pengetahuan pada Yang Mahatinggi?"

  1. Kesimpulan pemazmur tentang orang fasik : harta benda dan kesenangan

Psa 73:12 Sesungguhnya, itulah orang-orang fasik:

mereka menambah harta benda dan senang selamanya!

(13-16) Pergumulan pemazmur : sia-sia dirinya mempertahankan hati yang bersih


Psa 73:13 Sia-sia sama sekali aku mempertahankan hati yang bersih,

dan membasuh tanganku, tanda tak bersalah.

Psa 73:14 Namun sepanjang hari aku kena tulah,

dan kena hukum setiap pagi.

Psa 73:15 Seandainya aku berkata:"Aku mau berkata-kata seperti itu,"

maka sesungguhnya aku telah berkhianat kepada angkatan anak-anakmu.

Psa 73:16 Tetapi ketika aku bermaksud untuk mengetahuinya,

hal itu menjadi kesulitan di mataku,

(17-20) klimaks : masuk ke tempat kudus Allah dan memperhatikan kesudahan orang fasik


Psa 73:17 sampai aku masuk ke dalam tempat kudus Allah,

dan memperhatikan kesudahan mereka.

Psa 73:18 Sesungguhnya di tempat-tempat licin Kautaruh mereka,

Kaujatuhkan mereka sehingga hancur.

Psa 73:19 Betapa binasa mereka dalam sekejap mata,

lenyap, habis oleh karena kedahsyatan!

Psa 73:20 Seperti mimpi pada waktu terbangun,

ya Tuhan, pada waktu terjaga, rupa mereka Kaupandang hina.

(21-22) kondisi ketertekanan dalam diri pemazmur


Psa 73:21 Ketika hatiku merasa pahit

dan buah pinggangku menusuk-nusuk rasanya,

Psa 73:22 aku dungu dan tidak mengerti,

seperti hewan aku di dekat-Mu.

(23-24) pemulihan yang Tuhan berikan


Psa 73:23 Tetapi aku tetap di dekat-Mu;

Engkau memegang tangan kananku.

Psa 73:24 Dengan nasihat-Mu Engkau menuntun aku,

dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan.

(25-26) pengakuan pemazmur tentang Tuhan Allah


Psa 73:25 Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau?

Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi.

Psa 73:26 Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap,

gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Psa 73:27 Sebab sesungguhnya, siapa yang jauh dari pada-Mu akan binasa;

Kaubinasakan semua orang, yang berzinah dengan meninggalkan Engkau.

Psa 73:28 Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah;

aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH,

supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempersiapkan dan Menyusun Khotbah/Renungan

Doa Agur Amsal 30:7-9

Jalan Keselamatan